Selasa, 02 Oktober 2012

Syarat Pemimpin Dalam Perspektif Kristen

Dalam perspektif Kristen, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seseoragn, sebelum ia menjadi pemimpin. Berikut syarat-syaratnya:

1. Sudah lahir baru
Menjadi pemimpin Kristen, salah satu persyaratannya ialah harus sudah lahir baru. Artinya, pemimpin dalam perspektif Kristen telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya secara pribadi. Inilah landasan rohani seorang pemimpin Kristen. Kelahiran baru ditandai dengan adanya buah-buah pertobatan. Di mana pemimpin sudah tidak lagi hidup di dalam dosa. Ia telah meninggalkan hidupnya yang lama dan memulai suatu perjalan hidup yang baru di dalam Kristus. Rasul Paulus menulis: "Jadi siapa yang ada dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru, yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang" - 2 Korintus 5:17.

2. Dipanggil khusus oleh Allah
Alkitab memaparkan bahwa setiap pemimpin itu dipanggil, dipilih, ditetapkan dan diutus oleh Allah untuk melaksanakan tugas kepemimpinannya. Memimpin umat Allah untuk melaksanakan kehendak Allah dalam kehidupan mereka. Tidak ada pemimpin yang mengangkat dirinya sendiri menjadi pemimpin dalam perspektif Kristen.

3. Memiliki skill kepemimpinan
Allah bukan saja memanggil pemimpin lalu memerintahkan dia untuk memimpin. Tetapi, Allah yang memanggil pemimpin, Dia juga melengkapi pemimpin dangan kapasitas untuk dapat melaksanakan tugas kepemimpinannya. Allah melengkapi pemimpin dengan sejumlah karunia untuk dapat memimpin dengan baik, benar dan produktif.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar